Rabu, 17 Januari 2018

Eksperimen fisika sederhana



      Tegangan Permukaan
Tujuan: Untuk mempelajari tegangan permukaan.
Bahan-bahan:
Mangkuk, air keran, gunting, handuk kertas, penjepit kertas ukuran kecil, dan tusuk gigi.
Cara Kerja:
1)      Isi mangkuk dengan air hingga tiga perempatnya. 
2)      Potong kertas seukuran 5 x 5 cm. 
3)      Letakkan penjepit handuk kertas ditengah-tengah kertas tadi. 
4)    Angkat kertas tissue dari tepinya, lalu letakkan di atas permukaan air pada mangkuk. Handuk kertas    dengan penjepit kertas diatasnya seharusnya mengapung di atas air. 
5)  Dengan tusuk gigi, perlahan-lahan doronglah handuk kertas ke bawah hingga tenggelam, meninggalkan penjepit kertas tetap berada di atas permukaan air. 
6)    Amati penjepit kertas yang terapung dan tentukan bagian penjepit kertas yang tetap berada di atas maupun di bawah permukaan air. 

Hasil:
Penjepit kertas tetap berada di atas permukaan air. Tidak ada bagian penjepit kertas tissue yang berada di bawah permukaan air. Air di sekitar penjepit kertas agak tertekan.

Mengapa?
Tegangan permukaan adalah kohesi (gaya tarik-menarik antara molekul sejenis) antara molekul-molekul di permukaan suatu cairan. Tegangan ini (gaya regang) menyebabkan permukaan cairan menjadi elastis, seperti ditutupi oleh kulit. Di bawah permukaan air, setiap molekul air ditarik secara bersamaan ke segala arah oleh molekul-molekul air disekitarnya. Molekul-molekul ini tidak dapat saling mendekat sebab molekul-molekul tersebut dikelilingi di semua sisi. Akan tetapi di permukaan, lapisan molekul air paling atas ditarik oleh molekul-molekul air yang berada di sampingnya dan di bawahnya, tapi tidak di atasnya. Ini menghasilkan gaya total ke bawah yang menyebabkan lapisan air paling atas agak terkompresi. Lapisan yang terkompresi tersebut berlaku seperti kulit atau film yang direntangkan dengan kuat, sehingga cukup kuat untuk menahan benda yang ringan. Benda akan mengapung (keadaan melayang atau diam di atas permukaan suatu fluida yaitu setiap benda cair atau gas yang dapat mengalir) ketika diletakkan dalam air, jika berat jenisnya sama atau lebih kecil daripada berat jenis air, sehingga kemampuan mengapungnya disebabkan oleh tegangan permukaan air yang menahannya. Ini ditunjukkan oleh kenyataan bahwa tidak ada bagian klip kertas yang berada di bawah permukaan air, melainkan berat klip kertas meregangkan permukaan air ke bawah, seperti yang dapat kamu lihat bahwa permukaan air disekitar klip kertas tertekan ke bawah.


https://eksperimensederhananesia.blogspot.co.id/2016/09/eksperimen-fisika-sederhana.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar